Sahabat Penulis

Monday 26 July 2010

Kompetisi Menulis Artikel Online Internet Sehat dan Aman

Tema: “Jejaring Sosial Yang Sehat & Aman”

Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Karena karakteristiknya yang mengikat setiap individu di dalamnya, informasi apapun akan tersebar dengan cepat dalam komunitas sebuah jejaring sosial, melintasi batas komunitas, bahkan melintasi dunia maya melebihi media apapun.

Dalam kesempatan ini Program Internet Sehat Aman (INSAN) KEMENKOMINFO beserta Teknopreneur Indonesia menyelenggarakan suatu kegiatan bersama yaitu : “KOMPETISI MENULIS ARTIKEL Online INTERNET SEHAT AMAN”. Dengan tema penulisan “Jejaring Sosial Yang Sehat dan Aman” Kegiatan ini merupakan sarana untuk para pengguna jejaring sosial mengungkapkan pikiran dan pendapat yang di tuangkan dalam tulisan atau artikel yang bermanfaat untuk orang banyak. Tulisan akan di nilai oleh dewan juri yang kompeten di bidangnya, serta di publikasi ke media online.

DEWAN JURI:
* M. Andy Zaki, CEO & Pemimpin Redaksi Teknopreneur
* Andrew Darwis, Founder Kaskus
* Djoko Agung, KEMENKOMINFO

Syarat Peserta:
* Peserta lomba adalah perseorangan dan memiliki jejaring sosial (KasKus, Koprol, Facebook, Friendster, Plurk, hi5, dll)
* Tidak ada batasan usia bagi peserta.
* Peserta diwajibkan memiliki akun Insan dengan mendaftar di http://www.insan.or.id/.
* Tulisan harus di tampilkan pada akun jejaring sosial yang di miliki oleh peserta, bisa berupa artikel Blog, Notes, Testimonial atau Thread di akun jejaring sosialnya. (dan mencantumkan alamatnya pada Formulir pendaftaran)
* Formulir pendaftaran di http://insan.or.id/form

Ketentuan Penulisan:
* Bahasa yang digunakan bahasa Indonesia (termasuk didalamnya bahasa serapan, atau bahasa sehari-hari)
* Isi tulisan berkisar 4000- 5000 karakter (termasuk spasi)
* Tulisan memuat gambaran manfaat serta bahaya penggunaan jejaring sosial, berdasarkan kepada pengalaman,data dan analysis penulis.

Kriteria Penilaian:
* Originalitas
* Data & Analysis
* Gaya Bahasa

Ketentuan Pemenang:
1. Dari seluruh peserta, akan dipilih 3 Tulisan terbaik.
2. Pengumuman pemenang & Pembagian hadiah akan dilaksanakan pada acara puncak.
3. Keputusan dewan juri adalah mutlak, tidak dapat di ganggu-gugat dan tidak ada korespondensi apapun terkait dengan keputusan yang telah dikeluarkan.

Pendaftaran:
1. Registrasi *batas akhir 6 Agustus 2010. Peserta melakukan registrasi dengan mengisi formulir peserta di http://www.insan.or.id/form.
2. Pengumuman pemenang/Grand Final ( 13 Agustus 2010). Pengumuman pemenang di lakukan dalam sebuah acara khusus yang dilangsungkan dalam format seminar.

Hadiah:
* Juara I : 1 Unit Netbook
* Juara II : 1 Unit Smart Phone
* Juara III : 1 Unit Modem GSM

Committee Secretariat:
Wijaya Grand Center Blok F No. 85, Jakarta Selatan
HOTLINE: +62 21 7125 8089
T. +62 21 720 1140| F. +62 21 726 1913
e. info@insan.or.id This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
url. http://insan.or.id/

No comments:

Post a Comment

Silahkan Titip Pesan di sini: