Sahabat Penulis

Thursday 1 December 2011

Pemenang Lomba Cipta Puisi WR 2011


Berdasarkan penilaian dari Dewan Juri terhadap puisi peserta lomba berdasarkan beberapa kriteria yakni:
  • Orisinalitas tema.
  • Kreativitas pengolahan kata/diksi dan keutuhan puisi.
  • Kedalaman pesan.
  • Kaidah penulisan puisi dan kelengkapan naskah.

Maka didapatkan tiga juara untuk Lomba Cipta Puisi 2011, dengan pertimbangan terhadap kelebihan dan kekurangannya.


Juara pertama, penulis memiliki kemampuan menyusun bangunan puisi yang utuh dan padu dengan pilihan kata yang memikat dan tidak biasa. Kata-kata yang tersusun itu menyatu padu dalam irama yang bergelombang, penuh daya pikat dan diksi yang memukau yang sebagian kata-kata itu tak lazim atau memang jarang tersebut, sehingga menggoda untuk mengartikan maknanya. Penulis berhasil memasukan pesan dan kesan yang mendalam di puisi ini tanpa kehilangan arah dari tema.

Juara kedua, memiliki keunikan dengan gaya puisi naratif yang memikat, mengalir lincah dan menghanyutkan sensasi pembaca. Tema yang diusungnya cukup kuat dan pesannya bisa dipahami dengan baik oleh pembaca. Walaupun demikian, puisi ini masih ada longgar di beberapa bagian yang pasak katanya masih kendur.

Juara tiga, hentakan diksinya cukup mengena, mengalir bagai sebuah riam sungai, terasa menghujam dalam kesadaran. Pesan yang disampaikan cukup menena, dan tema juga tergarap dengan apik. Meski harus diperbaiki lagi dalam menyusun kata-katanya sehingga puisi ini lebih utuh dan berasa nikmat, walau tusukannya teramat menghujam.

Adapun Pemenang Lomba Cipta Puisi 2011 adalah:

  • Juara I, Batu-batu Berloncatan di Sajakku, *Reza Anindita
  • Juara II, Persada, Aku Pulang... *Sandza
  • Juara III, Janji Akar Rumput *Addien Sjafar Qurnia

Bagi Sobat yang belum menang Lomba Cipta Puisi 2011 masih bisa ikutan untuk Lomba Cipta Puisi 2012, info lengkap silakan klik di sini: http://menulisdahsyat.blogspot.com/2011/03/lomba-cipta-puisi-2011.html

No comments:

Post a Comment

Silahkan Titip Pesan di sini: